Minggu, 09 April 2017

Cara membuat aquascape

Berikut ini cara membuat aquascape yang dapat kamu lakukan di rumah.

Yang harus kamu ketahui terlebih dahulu adalah tema apa yang akan kamu letakkan pada aquascape kamu, Lalu mulailah berimajinasi sejenak... setelah apa yang sudah kamu imajinasikan sudah melekat di benakmu barulah kalian memilih apa yang akan kamu butuhkan untuk aquascape kamu, apa saja bahan utama yang kamu butuhkan..


  • Akuarium.  carilah akuarium yang rekomended untuk aquascape. Klik Disini
  • Lampu. Klik Disini
  • Filter Klik Disini
  • Pinset
  • Pupuk dasar Atau pupuk Cair. Klik Disini
  • Pasir Malang atau Pasir Silica, Tergantung selera kamu. Media Substrate
  • Material Hardscape. Contoh Material
  • Tanaman hias Aquascape. Berbagai jenis Tanaman
  • CO2 (bisa beli atau DIY)
  • Kipas / Chiler (bila diperlukan)
  • Semprotan air (jika diperlukan)
Jika semua perlengkapan sudah ada, langkah pertama yang harus kamu lakukan jauhkan dari terik matahari agar tidak terkena cahaya matahari langsung, letakkan pada tempat yang sudah kamu tentukan untuk jangka lama proses Aquascape,


1. Pertama, meletakan bahan substrate seperti ( pasir, pupuk dasar dan soil ) 

           Letakan pasir malang merata pada dasar akuarium kurang lebih ketebalanya 1/2cm pada tengah akuarium, dan pada sisi dasar akuarium setinggi 2-4cm dibuat melengkung kedalam, dimaksudkan agar nanti ketika pemberian substrate lainya tidak membentuk berlapis-lapis seperti kue lapis. Setelah pasir malang, lalu masukkan pupuk dasar setebal 2cm setelah pupuk dasar, lalu masukkan Soil setebal 2cm setelah soil lalu masukkan atau tutup kembali dengan pasir malang setebal 2cm. langkah tersebut bisa disesuaikan dengan kontur yang kamu inginkan.
2. Hardscape
             Masukkan material hardscape yang sudah kamu siapkan, yang terpenting adalah memilih hardsacape yang tepat untuk penyusunan material tersebut agar dapat terlihat alami dan indah ketika kamu set dengan tanaman atau moss yang akan ditempatkan di hardscape kamu, dengan cara menempel dengan Lem atau di ikat dengan benang. Setelah selesai Perlahan tuangkan air kedalam akuarium setinggi 4cm untuk membasahi lapisan bawah. perlu di ingat saat menuangkan air kedalam aquarium perlu menggunakan piring plastik. Lakukan perlahan dan hati-hati agar tidak merusak lapisan substrate yang sudah tertata.
Set awal substrate dan hardscape
3. Tanaman

              Pilih tanaman yang sudah kamu pilih, lalu mulailah menanam dengan menggunakan pinset agar mempermudah proses penanaman, dalam proses penanaman jagalah tanaman agar tetap lembab. tanam sesuai yang kamu inginkan, tancapkan dalam porsi kecil dan merata agar lebih cepat menyebar daripada ditanam dalam satu titik dengan porsi atau jumlah yang besar. Saya disini sebelumnya menggunakan karpet seed, setelah menunggu 6 hari baru saya tuangkan air


Setelah selesai tahap diatas, lakukan pengisian air hingga penuh dengan hati - hati, lakukan dengan cara yang sama menggunakan piring plastik.

setelah 15 hari
4.  Air akan terlihat keruh selama beberapa saat. dan jangan kuatir karena air akan kembali membaik.
5.  Pasang filter agar mensirkulasi air dan membersihkan kotoran
6. Pasang lampu untuk pengganti sinar matahari agar terjadi proses fotosintesis pada tanaman.
7.  Lakukan penyinaran maksimal hanya 8 - 10 jam perhari, bila terlalu lama pencahayaan pertumbuhan alga akan cepat, menyebabkan air keruh dan mengganggu pertumbuhan tanaman lain.
8.  Setelah 20 hari, Pasang CO2 agar tanaman mendapatkan asupan karbondioksida dan terlihat segar.
9.  Setelah 2-3 Bulan hasilnya akan tampak.
  sedikit posisi dan tanaman yang saya tambah

Demikianlah langkah - langkah dasar dalam membuat aquascape. Selamat mencoba dan selamat berkreasi dengan ketrampilan anda, Salam ADEM

2 komentar: